Skip to main content

Kenapa produk Anda Ditolak Pasar?

Kenapa produk Anda Ditolak Pasar?

Setelah Anda mengetahui model penjualan yang paling cocok untuk produk Anda, kini saatnya Anda tahu alasan kenapa banyak orang menolak produk Anda. Ini dilakukan agar disaat Anda menjual lagi, Anda memiliki cara dan taktik khusus untuk menaklukan hati pelanggan Anda

1. Mereka tidak punya budget seperti penawaran yang anda ajukan, alias NGGAK PUNYA DUIT

2. Harga produk Anda dinilai jauh lebih tinggi daripada pesaing Anda, sehingga mereka menganggap bahwa produk Anda MAHAL

3. Mereka merasa bahwa mereka bisa mendpatkan harga lebih murah di tempat lain, sehingga MENCARI PERBANDINGAN dan membanding-bandingkan dengan yang lain

4. Mereka tidak memiliki waktu untuk berbicara dengan Anda sekarang, atau NGGAK PUNYA WAKTU

5. Mereka nggak punya keinginan untuk beli segera. Karena Anda nggak punya call to action yang kuat. Akhirnya mereka MENUNDA

6. Mereka masih terikat kontrak jangka panjang dengan supplier saat ini. NGGAK ENAK sama supplier yang lamanya

7. Bos mereka harus menyetujui pembelian ini. Anda menemui orang yang salah, bukan DECISION MAKER-nya

8. Mereka punya hubungan bisnis yang baik dengan penjual sekarang dan merasa puas. Sehingga NGGAK ENAK sama penjual lama

9. Mereka butuh produk B, bukan hanya produk A yang anda tawarkan. Intinya, mereka NGGAK BUTUH produk yang itu.

10. Mereka nggak punya pengetahuan tentang perusahaan dan produk anda, alias BELUM DIKENAL sama mereka

(96)

12. Mereka pernah kecewa menggunakan produk Anda sebelumnya. Sehingga mereka KAPOK!

13. Pesaing Anda dapat bekerja dengan spesifikasi khusus yang menurut mereka lebih baik. Produk/Service Anda dianggap JELEK!

14. Mereka kelihatan masih ragu dengan produk Anda dan minta garansi jika tidak puas. Mereka butuh GARANSI!

15. Anda dinilai tidak punya pelanggan dari perusahaan besar yang terkenal. Anda dianggap nggak punya TRACK RECORD bagus

16. Mereka udah punya persepsi negative dengan produk yang Anda tawarkan. Mereka benar-benar NGGAK MAU BELI

17. Mereka tidak kenal dekat dengan Anda, sehingga lebih memilih orang lain yang lebih dekat dengannya

Karena Anda sudah tahu alasan apa saja orang menolak produk Anda, maka sekarang saatnya Anda mengantisipasi sebaik mungkin agar produk anda benar-benar bisa diterima oleh mereka. Misalnya…

ü Temukan pasar yang benar-benar tepat. Cirinya: dia sanggup bayar dan keluar uang untuk produk yang Anda jual

ü Edukasi pasar Anda dengan penjelasan-penjelasan yang membangun awareness mereka.

(97)

ü Jelaskan keunggulan dan diferensiasi produk anda dibandingkan produk lain yang sejenis. Jelaskan pula kenapa mereka harus beli produk Anda

ü Datangi pasar anda pada waktu yang tepat. Jangan ganggu mereka jika mereka sedang berada dalam kesibukan

ü Berikan limitasi (keterbatasan) di setiap penawaran yang Anda ajukan ke pasar Anda. Katakan pada pasar Anda bahwa produk Anda terbatas, entah itu jumlah produknya, entah itu jumlah pembelinya, atau batas waktunya

ü Temukan apa sebenarnya yang pasar inginkan. Jika memang memungkinkan, penuhi kebutuhan dan keinginan mereka

ü Datangi orang yang tepat: decision maker nya

ü Temukan apa kebutuhan mereka. Jual produk hanya yang mereka butuhkan

ü Ceritakan pengalaman perusahaan Anda dalam menangani klien-klien lainnya

ü Berikan mereka coba pakai gratis. Jika memang mereka cocok dan nyaman, mereka akan beli produk Anda

ü Beri pelayanan yang maksimal. Senyuman, kata “maaf”, “tolong”, “dan “terimakasih”, akan sangat berdampak positif pada pelayanan Anda

ü Berikan Garansi, kalau Anda memang benar-benar yakin dengan produk yang Anda jual

(98)

ü Jangan pernah paksa mereka yang benar-benar tidak ingin beli produk

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia penjualan, silakan tonton DVD seminar 17 teknik closing saya. Hehehe… Jualan! ^_^


Piramida Pembeli

(114

1. Tipe EMANG MAU BELI (3%


Dari semua orang yang ada diluar sana, 3% masuk ke tipe in


Maksudnya giman


(11

yang kita jual. Ini berlaku untuk semua produk/jasa (mobil, property, pakaian, makanan, handphone, jasa ini itu, dan lain-lain


Jadi, dari 100 orang itu, kalo kita tanyakan, “bapak Ibu sekalian, adakah diantara bapak Ibu sekalian yang saat ini ingin membeli handphone baru?” Maka sekitar 3 orang akan mengangkat tanganny


Berlaku juga untuk produk lain. Artinya apa? Artinya, ke orang-orang .dengan tipe EMANG MAU BELI ini kita ngga usah cape-cape promosi, mereka emang pengen bel


2. Tipe KEMUNGKINAN MAU BELI (7


Nah, yang 7% dari populasi masuk ke tipe kedua in


Maksudnya giman


Kalo yang tipe pertama tadi EMANG MAU BELI alias lagi cari produk/jasa, yang tipe kedua ini ngga lagi nyari, tapi kalo diinfokan sedikit saja tentang produknya dengan cara yang menarik, dia bisa kita tarik untuk beli produk/jasa yang kita tawarka


3. Tipe NGGA MUDENG (30


30% dari orang diluar sana, sama sekali ngga mudeng alias ngga ngeh bin ngga paham bahwa produk/jasa kita bisa memudahkan/bermanfaat bagi merek


Kenapa bisa begit


Sederhana saja, karena mereka BELUM TAHU tentang keunggulan/manfaat/ dari produk / jasa yang kita tawarkan. Informasinya belum sampe ke telinga merek


(11

Jumlah dari tipe ini sama besar dengan tipe ketiga. Tipe ini sama sekali ngga tertarik dengan produk/ jasa yang kita miliki


Bisa jadi mereka belum tahu tentang produk/jasa kita, tapi kalopun sudah diinformasikan/ dipresentasikan langsung, mereka tetep ngga tertarik. Pasar yang lebih menantang daripada tipe-tipe sebelumnya ya ^


5. Tipe NGGA TERTARIK SAMA SEKALI (30


Nah, ini tipe yang paling menantang untuk ditarik jadi pembeli kita ^


Jumlahnya sama dengan kedua tipe sebelumnya, 30% alias GEDE BANGET porsiny


Tipe ini, mau dijelasin kaya apa, dikasih diskon kaya gimana juga, dikasih hadiah atau malah dikasih produknya gratis aja dia tetep ngga tertari


Bahasa jawanya: “though crowd” ^


Kembali ke Ora

Nah, sekarang perhatikan…


Kalau kita hanya menyiapkan Orasi yang biasa banget, kita Cuma akan menarik 3% maksimal 10% <tipe pertama 3% + tipe kedua 7%> saj


Inilah alasan kenapa jualan Anda yang lalu-lalu ngga pernah ada peningkatan signifikan ^_^ <pasti lagi pada angguk-angguk kepala sambil senyum-senyum sendiri… makanya nikah, biar senyumnya berdua..muehehe ^_


(11

Gimana caranya


Jualan pake Jurus Edukasi

Sebelum kita bahas cara bikin tipe 3, 4 dan 5 NENGOK kemudian menyerbu produk/jasa yang kita jual, dan akhirnya kita kelimpungan ngurusin orderan <ayo “aamiin” kan sama-sama… aamiin…aamiin ^_^>, kita perlu memahami jurus ini dulu


Biar gampang dimengerti, Motty kasih contoh nyata y


Kita lihat akun twitter terZUPER di seluruh jagad twitter:@MotivaTwee


Akun keren ini <narsis… ^_^> memberikan informasi/keilmuan/ pengalaman dalam bentuk twit satuan, juga kultwit <kuliah twitter alias serangkaian twit> tentang BISNI


Selain tentang bisnis, Motty juga berbagi tentang kesuksesan, pencapaian cita-cita. Termasuk yang seru-seru seperti jodoh, lucu-lucuan dan asik-asikan juga bagi-bagi hadiah via quiz.


Semuanya GRATIS. Tapi ilmu yang dibagikan bukan ilmu kacangan. Ilmu yang asli sudah dipraktekkan semua dilapangan dan terbukti bisa mendatangkan peningkatan bisnis dan kehidupan. Pada akhirnya orang-orang banyak yang merasakan manfaatnya, sebagian malah kasih testimony bahwa materi-materi yang Motty sampaikan sudah mengubah kehidupan dan Bisnis mereka.


Jadi, alih-alih hanya menjual produk/jasa, kita perlu memberikan manfaat bagi orang diluar sana. Karena orang itu<termasuk kita>: NGGA SUKA DIJUALIN. Alias ngga suka sama penjual/sales. Ngga suka disamperin orang yang hanya mau ngejual sesuatu ke kita.


(118)

Oleh karena itu, untuk menarik perhatian lalu setelah itu membuat orang-orang semakin kesengsemn <ini bahasa mana ya ^_^ … kesengsem=naksir> sama bisnis kita, kita perlu memberikan MANFAAT/INFORMASI kepada mereka.


Quote yang amat penting bagi kita para PENJUAL:


“Setelah hatinya tersentuh, dompetnya pasti terbuka…”


Jadi, kalo bisnis kita adalah produk kosmetik, jadilah seorang konsultan kecantikan, bagikan tips-tips melawan jerawat, cara memilih warna lipstick, cara mendapatkan kulit lebih cerah dari kulitnya Shinta ^_^


Kalo bisnis gadget, jadilah seorang pakar gadget, infokan cara-cara merawat gadget supaya baterai nya lebih awet sampai tahunan, berikan tips-tips menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting yang hanya menuh-menuhin memory sehingga bikin lambat smartphone.


Kalo bisnisnya konsultan keuangan, informasikan teknik merencanakan dana pendidikan anak, dana pension, dana kesehatan sampai dana darurat, bagikan tips-tips memaksilmalkan penghasilan bulanan dan juga tips-tips melunasi hutang serta cicilan mobil, rumah, perabotan dan mas kawin <lho ^_^> 


Keahlian apa yang harus Anda pelajari/kuasai/perdalam untuk bisa memberikan edukasi kepada target pasar Anda dan membuat hidup mereka menjadi lebih baik? (Tentunya yang berkaitan dengan produk/jasa/bisnis Anda)


____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________


Perluas Identitas BISNIS

Sebelum kita hubungkan antara jurus Edukasi dengan Orasi di Gelora Bung Karno, kita perlu perluas identitas bisnis kita dulu.


Eh iya, kalo belum jelas tentnag Jurus Edukasi atau Jurus Orasi, silakan dibaca ulang sampai paham. Kalo masih blank, nanti makin bingung kalo terus baca bagian ini ^_^


“perluas”… Maksudnya gimana?


Contoh pertama, bisnisnya: menjual gadget dan aksesoris


Kita pertajam lagi WHY nya (lihat bab tentang WHY vs HOW):


Melayani konsultasi gadget dan aksesoris


Identitas bisnis yang sudah diperluas: Pakar 1001 jenis gadget dan aplikasi gratis


(120)

Pertajam WHY nya:Konsultan fitness


Identitas bisnis yang sudah diperluas: Ahli kesehatan, gizi, dan kebugaran


Pahaaam…?


Jadi, kita perlu memperluas identitas bisnis kita, dari sekedar jualan gadget menjadi pakar dari gadget dan semua jenis aplikasinya. Dari sekedar jualan suplemen fitness, menjadi ahli kesehatan, gizi, dan kebugaran.


Dengan begitu, maka kita sudah memisahkan diri dari pesaing (yang hanya jualan produk) dan bisa lebih erat menjabat hati calon pelanggan dengan menjadi ahli/pakar/konsultan yang bisa memberikan informasi berharga kepada mereka (tentunya berkaitan dengan produk/jasa yang kita tawarkan nantinya).


Juga, kita akan bisa menarik perhatian lebih banyak orang. Karena kita telah memperluas identitas bisnis kita. Lihat contoh kedua di atas, yang tertarik pada kesehatan, gizi, dan kebugaran tentu lebih banyak daripada 


Kombinasi MAUT

Nah… Sekarang kita hubungkan benang merahnya ya ^_^~>


Jualan pake Jurus Edukasi + Orasi di Gelora Bung Karno + Identitas bisnis yang sudah diperluas.


Jadi, orasi kita perlu “berbau” edukasi (ilmu, manfaat, pengetahuan, tips, jurus, dsb) dengan data/fakta dari sumber (website,lembaga, orang) terpercaya dan memberikan manfaat bagi target pasar kita (berdasarkan identitas bisnis yang sudah kita perluas sebelumnya).


(122)

Kalo sebelumnya mungkin belum begitu mudeng, setelah di jelaskan lebih lanjut, harusnya bisa lebih mengerti sekarang.^_^ muehehe


Setelah kita bisa mengkombinasikan 3 jurus maut ini, maka setiap kalimat promo yang kita susun dan lempar ke target pasar, akan bisa membuat tipe 3+4+5 (Total 90% dari keseluruhan pasar) untuk NENGOK/TERTARIK/KEPINCUT dan akhirnya mendekat ke bisnis/toko kita.


Ingat, harus sesuatu yang membuat semua berpikir: “Gw harus cari tahu apaan itu… HARUS!” Bikin Orang NGEBET bin PENASARAN.


Jadi >> 90% (tipe 3 + 4 + 5) + 10% (tipe 1+ 2 yang lebih mudah di garap) =100% pasar melirik penawaran yang kita buat! Enaaaak bangeeeet! ^_^


Selanjutnya apa?


Setelah itu, kita bisa garap mereka menjadi pembeli/pelanggan tetap dari produk/jasa yang kita tawarkan. Omzeeet Omzeeet…

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan menuju Bali, 5 Juni 2023

  Berikut ini adalah dokumentasi aku dan keluarga kecilku melakukan perjalanan ke Pulau Bali untuk jaga warung Madura yang berada di Jl. Wayan Gebyag Ds. dalung Kec. Kuta Utara Kab. Badung.  Saat itu aku berangkat pada hari Senin, 5 Juni 2023. ini pengalamanku pertama untuk jaga warung Madura di Bali. Saat itu aku hanya bertahan 4 bulan mulai bulan Juni Sampai Oktober. Penyebab aku harus pulang  dikarenakan kakek istriku meninggal dunia. 
15 Common Errors In English 200 Common Errors in English Course These common errors in English are made by students of all levels, from beginner to advanced. Here are some quick explanations and tips about how to avoid 15 common English mistakes. “Everybody Are Happy.” Words like  everybody, somebody, anybody, nobody  are actually singular, not plural. Even though “everybody” refers to a lot of people, it takes the singular verb – so the correct sentence is  “Everybody is happy.” “I’ll Explain You The Problem.” In this sentence, there are two objects – the direct object (the problem) and the indirect object (you). After  explain,  we need to use  to  before the indirect object – the person to whom we are doing the explaining. Also, it’s more common to put the direct object first, so the correct sentence is  “I’ll explain the problem to you.” “I Have The Possibility To Study In Canada Next Year.” With “have,” we use  opportunity,  not possibility – so the

13 things to avoid if you want to become rich

 - 13 things to avoid if you want to become rich. By Dan Lok A lot of people they struggle financially, and they think to themselves oh, you know what? I can not become rich because I don't have enough money. Or I don't have enough capital. I don't have the right idea, or I'm not in the right industry. Or I don't have the right connections. You know what? From my experience that's not what holds most people back. What holds most people back is this one thing. And that is: ego. That's right ego. Now you may be thinking no, I don't have any ego. What are you talking about? I'm just struggling financially I don't have money. No that's not true. You see ego comes in many disguises. When I was broke I had many, many of these ego's that are holding me back. Today I'm gonna share with you 13 of them. Comment below and see if you recognize any one of them. And if you think you don't have any, that is exactly the problem. Number one the bl